Senin, 17 September 2012

QUARK

Apa itu quark?
Sebelumnya kita tahu bahwa atom adalah partikel yang paling kecil. Tapi ternyata masih ada yang lebih kecil dari pada atom, yaitu Quark (kuark). Quark bertugas “mengatur” segala kekacauan partikel pada satuan atom. Quark adalah penyusun dasar benda. Kombinasi jumlah Proton, Elektron, dan Neutron masing2 membentuk sebuah unsur. Dalam setiap unsur, Proton dan Neutron membentuk nukleus sementara Elektron berada di sekitar Nukleus tersebut. Nah Quark adalah materi penyusun Proton, Elektron, dan Neutron tersebut.
Berdasarkan ilmu fisika klasik, atom merupakan suatu zat yang tidak dapat dibagi lagi komponennya dan dianggap sebagai suatu titik bermassa. Sifat di atas sudah sangat dikenal dalam ilmu mekanika klasik dan sudah sangat jelas pembahasannya oleh Hukum Mekanika Newton. Pada abad ke-20 pandangan dan pengetahuan fisika klasik tentang atom mulai luntur setelah ditemukannya suatu gejala alamiah yang dikenal dengan Gejala Elektromagnetik. Secara langsung gejala alamiah ini merupakan suatu fakta dan jawaban yang mengubah pandangan dan pengetahuan ilmu fisika klasik tentang atom. Pada masa tersebut para ahli sudah dapat menyimpulkan bahwa atom bukan lagi merupakan suatu zat terkecil yang tidak dapat diuraikan lagi atas komponennya.
Pada tahun 1964 Murray Gell-mann dan George Zwei mempublikasikan proposal baru tentang partikel titik. Perilaku ratusan partikel dapat dijelaskan sebagai kombinasi dari elemen fundamental yang sekarang disebut Quark. Quark merupakan partikel fundamental yang memiliki muatan listrik kelipatan pecahan dari muatan listrik elektron yaitu +2/3e dan -1/3e. Sampai saat sekarang kita mengenal 6 jenis kuark yang terdiri dari :
Tipe up : u (up), c (charm), t (top). Tipe down : d (down), s (strange), b (beauty).
Secara umum quark disimbolkan dengan huruf q.
Jika suatu partikel terdiri dari tiga quark dalam susunannya maka disebut sebagai baryon sebagai contoh adalah proton yang terdiri dari quark uud sedangkan neutron terdiri dari kuark udd, maka proton dan neutron disebut juga sebagai baryon. Selanjutnya jika suatu partikel terdiri dari pasangan satu quark dan anti-quark maka disebut sebagai meson. Contoh meson yang sudah diketahui adalah meson (pion) terdiri dari pasangan quark u dan anti-quark . Baryon dan meson dapat pula dikelompokan sebagai hadron. Baru-baru ini ditemukan bukti keberadaan lima kombinasi quark membentuk partikel, disebut jenis pentaquark

sumber: http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=8972458
              http://www.forumsains.com/fisika/quark/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar