Minggu, 16 September 2012

ZAT KIMIA PADA SABUN

Pada dasarnya, sabun adalah surfaktan yang digunakan dengan air. Sabun biasanya berbentuk padat yang disebut batang karena sejarah dan bentuk umumnya. Banyak sabun merupakan campuran garam natrium atau kalium dari asam lemak yang dapat diturunkan dari minyak atau lemak dengan direaksikan dengan alkali pada suhu 80-100 derajat melalui suatu proses yang dikenal saponifikasi. Sabun juga dapat dibuat dari minyak tumbuhan, seperti minyak zaitun.
Tahukah Anda bahwa dalam sebuah sabun terdapat bahan kimia?
Tidak perlu khawatir, karena bahan kimia pada sabun itu tidak amat berbahaya selama Anda tidak merasakan pengaruh negatif pada kulit Anda. Sabun adalah senyawa garam dari asam-asam lemak tinggi,seperti natrium stearat. Suatu gambaran dari stearat terdiri dari ion karboksil sebagai "kepala" dengan hidrokarbon yang panjang sebagai "ekor". Oleh karena itu sabun mengemulsi atau mengsuspensi bahan organik dalam air. Keuntungan yang utama dari sabun sebagai bahan pencuci terjadi dari reaksi dengan kation-kation divalen membentuk garam-garam dari asam lemak yang tidak larut.
Saat ini sudah banyak berbagai merk sabun yang ada, namun tidak semuanya "aman" untuk digunakan.
"Bagaimana cara memilih sabun yang aman untuk digunakan?"

MEMASTIKAN kesehatan keluarga, bukan hanya sekedar bagaimana segala aspek nutrisi terpenuhi. Namun lebih dari itu, faktor pelengkap seperti pemilihan sabun mandi sebenarnya memiliki peranan yang tidak kalah penting.
Pemilihan sabun mandi terlebih untuk keluarga bukan hanya sekedar seperti apa aroma yang ditawarkan. Namun ada beberapa hal-hal yang seharusnya Anda ketahui.

1. Perhatikan apa saja kandungan dari sabun yang Anda pilih. Sabun yang mengandung triclosan dan vailex memiliki kemampuan menetralkan dan mengontrol bau badan. Kandungan glycerin, petroleum dan beeswax atau madu alami bermanfaat untuk melembabkan dan menghaluskan kulit. Sementara sabun mandi yang berjenis abrasive soap bisa dipakai untuk membersihkan kulit hingga pori-pori bagian dalam. Tetapi perlu diingat, sabun mandi jenis tersebut hanya boleh dipakai atau dipergunakan paling banyak dua kali dalam sebulan.

2. Lihat tanggal kadaluarsa pada kemasan sabun. Pastikan produk sabun yang akan dibeli mencantumkan tanggal kadaluarsa untuk mengetahui jangka waktu pemakaian sabun yang aman.

3. Pilih sabun yang bersifat ringan dan hipoalergenik, yaitu yang mempunyai pH yang mendekati pH kulit yaitu 5,5 - 6,5.

4. Sebaiknya hindari jenis sabun yang memiliki zat pewarna dan mengandung triclosan c. Sodium hidroxide, alkaline, lemak hewani serta kandungan pH diatas 7. Perlu diketahui, formula tersebut akan membahayakan karena dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, bahkan berminyak dan berjerawat.

5. Perhatikan penggunaannya, untuk keamanan, gunakan sabun yang masih berbusa dengan baik. Jika sabun sudah berubah menjadi lembek, permukaannya licin dan berlendir, sebaiknya jangan dipakai. Segera ganti dengan sabun mandi yang baru. Karena bukan tidak mungkin, sabun mandi justru menjadi tempat bersarangnya bakteri yang terkontaminasi oleh kelembaban dan air yang tergenang di kotak sabun.

Sebenarnya, apa fungsi dari bahan kimia yang terdapat pada sabun?
Sabun adalah jenis surfaktan yang terbuat dari minyak atau lemak alami. Karena adanya surfaktan maka sabun dapat mengangkat kotoran.
Beberapa bahan kimia yang terdapat dalam sabun adalah, Anti Bakteri, Diethanolamine (DEA), Formaldehida dan Talc.

Sekian, semoga bermanfaat.

sumber 1: http://m.mediaindonesia.com/index.php/micom/sehat_read/2012/04/23/5133/4/Cara_Sehat_Memilih_Sabun_Mandi_untuk_Keluarga

sumber 2: http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/kimia-lingkungan/pencemaran_lingkungan/sabun-dan-deterjen/

sumber 3: http://id.wikipedia.org/wiki/Sabun

sumber 4: http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080729204111AAmGqsB

sumber 5: http://chamdazone.blogspot.com/2012/02/waspadai-bahan-kimia-dalam-sabun-mandi.html








3 komentar:

  1. Makasih ya atas infonya sangat bermanfaat buat saya jadikan sumber.

    BalasHapus
  2. Used ford fusion titanium - The Technological Institute
    T-40T - The Technological Institute titanium security (TGI) has developed titanium nitride gun coating a device that will replace titanium oxide the original three-dimensional edge titanium model T-40 (tanned, non-inane, titanium grey

    BalasHapus